opmcianjur

Pelatihan Website Gratis Bagi Madrasah, Madrasah Go Online

Penggunaan ICT (Information and Communication Technology)  di Madrasah saat ini, tidak dapat dihindari selain dikarenakan dengan kemaju...


Penggunaan ICT (Information and Communication Technology)  di Madrasah saat ini, tidak dapat dihindari selain dikarenakan dengan kemajuan jaman yang mengharuskan Madrasah untuk berinovasi, juga dikarenakan tanggung jawab yang besar terhadap  masyarakat. Tanggung jawab itu meliputi, memberikan informasi / berita yang up to date mengenai profil Madrasah, kegiatan-kegiatan peserta didik, prestasi peserta didik, nilai-nilai mata pelajaran yang dapat dilihat secara online oleh peserta didik, media pembelajaran online yang dapat diakses oleh peserta didik kapan dan dimana saja, dan call center berbasis ICT melalui kotak surat, chatting dan telp melalui skype yang dapat berinteraksi secara langsung dengan peserta didik, orang tua dan masyarakat. Namun berdasarkan pengamatan terhadap banyak Madrasah di DKI Jakarta perkembangan positif pengelolaan web belum menghasilkan produktivitas secara optimal karena minimnya kompetensi sumber daya manusia dalam sistem mengelola web.

Beberapa kegunaan Website Madrasah diantaranya:
  1. Memperkenalkan profil Madrasah sehingga masyarakat mengetahui informasi apapun tentang Madrasah seperti: Fasilitas yang tersedia , Kurikulum intra dan ekstra kurikuler termasuk materi pembelajaran online dan pustaka maya, prestasi yang telah diraih oleh Madrasah, informasi mengenai perencanaan Madrasah dan kebutuhan biaya, macam dan kualitas Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan Madrasah. Jumlah dan kualifikasi tenaga pendidik dan kependidikan yang ada.
  2. Sebagai media komunikasi antara Madrasah dengan dunia luar, bentuk komunikasi yang terjalin diantaranya: komunikasi antara siswa dengan guru terkait pelaksanaan pembelajaran, komunikasi antar peserta didik melalui media forum, komunikasi antara orang tua peserta didik/calon peserta didik dengan Madrasah melalui media email ataupun form kontak di website, komunikasi antara Madrasah dengan institusi pendidikan di dalam/luar negeri, komunikasi antara Madrasah dengan alumni.
  3. Sebagai media pembelajaran online dan media resmi Madrasah untuk media publikasi informasi resmi ke masyarakat, seperti: Pengumuman, Perss release, Berita resmi Madrasah.
Data yang kami peroleh Madrasah di Kab. Cianjur kurang lebih 20 porsentase memiliki web sesuai dengan aturan  pemerintah yaitu  memiliki domain sch.id dan dikelola dengan baik, 80 porsentase Madrasah belum memiliki web dan baru hanya memilik Blog dan tidak dikelola dengan baik.
Berdasarkan informasi di atas, maka selayaknya Madrasah melakukan upaya-upaya untuk mengembangkan tim pengelola website secara terorganisir dan terstruktur, mengembangkan program yang sesuai dengan potensi yang Madrasah miliki, dan melaksanakan program yang selalu diintegrasikan dengan sistem pemantauan berkala untuk memperbaikinya.

Mengingat pentingnya website bagi Madrasah maka diperlukan pelatihan atau workshop Pembuatan dan Pengelolaan Website Madrasah Menggunakan Engine Blogger dan Wordpress dengan Ekstensi domain (.madrasah.id). Bagi madrasah yang sudah memiliki Weblog dengan menggunakan engine Blogspot atau Wordpress, bisa juga mengikuti kegiatan ini untuk mendapatkan domain .madrasah.id. Program “Pelatihan Pembuatan dan Pengelolaan website Madrasah Gratis” diharapkan bisa memberikan dan mempersiapkan layanan Website Madrasah Go Online

Untuk program kedepannya madrasah akan dikenalkan juga dengan Google App For Education (GAFE) yang bisa diintegrasikan dengan website madrasah.

Madrasah Anda tertarik untuk masuk dalam program “Pelatihan Pembuatan dan Pengelolaan website Madrasah Gratis”? Tunggu apa lagi, segera daftarkan Madrasah Anda dalam program ini dengan mengisi formulir di bawah ini, silahkan diklik.


Pelaksanaan kegiatan ini selebihnya akan di informasikan melalui email atau SMS melalui No HP yang sudah didaftarkan. Insya Alloh pelaksanaannya pada Bulan Ramadhan bertempat di Aula Plasa Telkom Cianjur.

Fasilitas yang Bapak/Ibu dapatkan adalah :
1. Gratis Internet Akses selama pelatihan
2. Ruangan ber-AC
3. Sertifikat pelatihan

Persyaratan Mengikuti Kegiatan ini :
1. Guru/OPM pada suatu madrasah di Kab. Cianjur
2. Membawa Laptop
3. Melengkapi surat pelatihan dan permohonan domain .madrasah.id

Related

Workshop 6859933766994159234

Post a Comment

emo-but-icon

item