opmcianjur

Panduan Registrasi Operator Madrasah Verval-PD pada Website PDSP

Berdasarkan hasil koordinasi antara Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) dengan Sub Bagian Data dan Informasi Kementerian Agama t...


Berdasarkan hasil koordinasi antara Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) dengan Sub Bagian Data dan Informasi Kementerian Agama terkait pengajuan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) bagi satuan pendidikan (MI/MTs/MA) di bawah pengelolaan Kementerian Agama, Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) melalui surat yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota diseluruh Indonesia tertanggal 3 Oktober 2013 menyampaikan hal-hal sebagai berikut :

Pengajuan NISN bagi satuan pendidikan (MI/MTs/MA) di bawah pengelolaan Kementerian Agama dilakukan melalui Pendataan EMIS/Binmas lain Kementerian Agama.

Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) tidak menerima pengajuan NISN satuan pendidikan (MI/MTs/MA) di bawah pengelolaan Kementerian Agama secara individu maupun kolektif sekolah.

Informasi tentang NISN yang sudah diproses dapat dibaca melalui laman http://refsp.data.kemdikbud.go.id pada menu Data Peserta Didik, sub menu Data Pengajuan yang dapat dicari berdasarkan wilayah dan satuan pendidikan. Untuk informasi individu siswa, dapat dilakukan pencarian melalui laman http://refsp.data.kemdikbud.go.id berdasarkan NISN atau berdasarkan nama dan tempat tanggal lahir siswa.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (PDSP Kemendikbud) dan akan segera memberlakukan adanya Aplikasi Verifikasi dan Validasi peserta Didik (Aplikasi Verval-PD), khusus bagi siswa Madrasah.

Adapun dalam pelaksanaan Verval-PD Madrasah ini berdasarkan mekanisme yang ada disebutkan bahwa penjaringan data siswa madrasah dilakukan melalui sistem pendataan EMIS Kementerian Agama (Kemenag), dimana untuk proses updating (input/entry) data dilakukan oleh Operator Madrasah masing‐masing.

Setelah data lengkap dan divalidasi menggunakan Aplikasi Desktop EMIS, Operator Madrasah harus melakukan proses backup data untuk seterusnya melakukan upload (pengiriman) file backup data tersebut ke server EMIS Pusat Kemenag melalui Aplikasi EMIS Online.

Data siswa yang sudah masuk ke dalam database EMIS, selanjutnya akan disinkronisasikan kedalam sistem Operational Data Store pada Pusat Data dan Statistik Pendidikan (ODS PDSP), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Data siswa madrasah yang sudah masuk ke sistem ODS PDSP yang bersumber dari database EMIS, selanjutnya akan melalui tahapan verifikasi validasi data NISN oleh Operator Kemenag Kabupaten/Kota dengan menggunakan Aplikasi Verifikasi Validasi Peserta Didik (Verval PD) yanag dapat diakses melalui laman web Verval-PD Kemenag.

Untuk dapat memiliki akses melihat laman Jaringan Pengelola Data Pendidikan, forum komunikasi SDM, dan aplikasi Verifikasi Validasi Peserta Didik dan melihat data siswa‐siswa yang sudah memiliki NISN pada laman web Verval-PD Kemenag, sesuai dengan petunjuk yang ada pada lampiran pembagian hak akses dan Diagram Alur Veval-PD Kemenag maka Operator madrasah harus mendaftar atau melakukan registrasi sebagai anggota di laman Jaringan Pengelola Data Pendidikan.

Bagi Sahabat OPM KKM MTsN Sawagede yang kebetulan mendapat tugas tambahan sebagai operator madrasah, bisa langsung mendafarkan langsung sebagai operator pada website PDSP. Berikut langkah-langkahnya :

1. Sebagai langkah awal, silahkan terlebih dahulu siapkan Surat Tugas sebagai Operator atau bisa berupa SK (Surat Keputusan) yang langsung di tanda tangani dan di stempel oleh Kepala Madrasah

2. Setelah Surat tugas / SK dipersiapkan, silahkan selanjutnya menuju tautan ini http://sdm.data.kemdikbud.go.id/


3. Selanjutnya pilih menu Registrasi Anggota, kemudia pilih Operator Sekolah.


4. Silahkan mengisi semua kolom yang dibutuhkan. Kolom isian Email harus diisi email aktif yang biasa rekan OPM gunakan.


5. Setelah selesai, silahkan langsung klik Registrasi


6. Selesai registrasi, akun yang kita daftarkan tidak langsung Aktif begitu saja, mesti menunggu verifikasi dari tim PDSP terlebih dahulu. Kurang lebih 1 - 3 ke depan akun kita sudah bisa aktif. Untuk mengecek akun kita sudah aktif atau belum, Silahkan pilik menu Status Pendaftaran, kemudian masukan email yang kita daftarkan.


Jika sudah muncul pemberitahuan, Akun Sudah Aktif Silahkan Login, berarti kita sudah bisa login.

Demikian panduan registrasi Akun Operator Madrasah pada website PDSP. Selanjutnya Rekan OPM bisa membaca tulisa selanjut :

1. Hak Akses Operator Madrasah ada Verval-PD

2. Panduan Penggunaan Aplikasi Verval-PD Bagi Madrasah

Related

NISN 8266331772599401384

Post a Comment

emo-but-icon

item