opmcianjur

Panduan Menggunakan Aplikasi Google Drive pada PC/Laptop

Google Drive adalah layanan cloud storage dari Google yang diluncurkan pada akhir April 2012, yaitu layanan untuk menyimpan file di int...

Google Drive adalah layanan cloud storage dari Google yang diluncurkan pada akhir April 2012, yaitu layanan untuk menyimpan file di internet pada storage yang disediakan oleh Google. Dengan menyimpan file di Google Drive maka pemilik file dapat mengakses file tersebut kapanpun dimanapun dengan menggunakan komputer desktop, laptop, komputer tablet ataupun smartphone. Dan file tersebut dapat di share dengan orang lain untuk berbagi pakai dan juga kolaborasi peng-edit-annya. Kapasitas yang disediakan oleh google drive untuk layanan gratis adalah 15GB, untuk menggunakan kapasitas lebih dari itu maka akan dikenakan biaya tambahan.

Penggunakan google drive bisa dilakukan langsung melalui alamat www.drive.google.com atau juga dengan menggunakan aplikasi Google drive for PC/Laptop. Pada tulisan ini akan saya berikan panduan bagaimana menggunakan aplikasi google drive pada laptop/PC. Tidak hanya aplikasi untuk pc/Laptop saja, google drive bisa juga diterapkan pada smartphone berbasis android.

Kita langsung saja panduannya, terlebih dahulu kita harus mengunduh aplikasi google drivenya pada alamat ini https://drive.google.com atau pada tautan di bawah ini 


Setelah anda mengunduhnya, silahkan langsung menginstallnya atau double klik pada aplikasi yang sudah diunduh barusan. Berikutnya akan tampak seperti di bawah ini :


Pastikan pada tahap di atas koneksi internet pada PC/Laptop anda sudah terhubung dengan baik. Siapkan Akun Google anda. Kemudian klik signin.


Langkah selanjutnya anda tinggal pilih next >



Sampai pada langkah ke 4 anda pilih Advanced Setup, kemudian pilih Change untuk menentukan lokasi folder Google Drive pada PC/Laptop kita. Kalai saya sarankan silahkan untuk menempatkan folder Google Drive pada drive D atau E.


Perhatikan pada folder locationnya, jika sudah diubah, makan akan tampak seperti di bawah ini. Silahkan buat Folder Baru dengan nama Google Drive.





Setelah selesai silahkan klik Start Sync untuk menyelesaikan proses instalasi. Ketika sudah selesai, silahkan tunggu beberapa saat sampai proses selesai dengan sempurna.






Beberapa yang mesti diperhatikan :

1. Jika akan membagikan file atau berkas pada pada PC/Laptop kita, silahkan simpan file atau berkasnya pada folder Google Drive.

2. Kemudia pastikan icon google drive yang berada di pojok kanan bawah  menyala, tanda menyala itu berarti komputer kita terhubung ke internet. Jika tidak ada koneksi internet maka icon google drivenya tidak menyala.







3. Perlu dipastikan ketika akan membagikan file atau berkas ke google drive. Jika file tersebut berukuran besar maka akan lama proses uploadnya, namun jika kecil kapasitasnya maka prosesnya akan cepat. Jika file yang sudah kita upload bertanda ceklis maka file tersebut sudah tersimpan di google drive.



KHUSUS UNTUK REKAN OPM KKM MTsN SAWAH GEDE, FILE YANG HENDAK DI BAGIKAN HARUS TERLETAK PADA FOLDER NAMA MADRASAH MASING-MASING.

Related

Google 3011302284490252191

Post a Comment

emo-but-icon

item