opmcianjur

Panduan Pengaturan Jadwal Mingguan Kelas pada Siap Padamu

Mulai tanggal 02 Februari 2014 kemarin resmi mulai dibuka lagi pendataan pada Aplikasi SIAP Padamu. Pelasanaan pendataan pada semester 2 ta...

Mulai tanggal 02 Februari 2014 kemarin resmi mulai dibuka lagi pendataan pada Aplikasi SIAP Padamu. Pelasanaan pendataan pada semester 2 tahun ini berlangsung hingga bulan Juni 2015. Jadi bagi rekan-rekan operator madrasah di Kab. Cianjur silahkan segera bergerak melaksanakannya. Tengok juga pada tulisan sebelumnya tentang Langkah-langkah Verval Sampai Dengan PKG Semester II Tahun 2014/2015

Salah satu yang baru pada pendataan semester 2 tahun ini adalah adanya penambahan fasilitas Jadwal Mengajar per kelas. Setiap PTK wajib memasukan riwayat mengajar pada akun PTK masing-masing. Dengan terlebih dahulu terntunya dibuatkan Model mengajar pada masing-masing rombel oleh Admin madrasah/sekolah.

Pada panduan ini berisi tahapan-tahapan mengatur jadwal kelas mingguan, antara lain :
  1. Menentukan Kurikulum dan sinkronisasi Mata Pelajaran dengan Kurikulum Nasional
  2. Pengaturan data Siswa (kelola siswa / tambah siswa)
  3. Set Kelas / Rombel
  4. Pengaturan Model Jadwal 
  5. Memasukan Model Jadwal ke dalam Kelas
Untuk pengaturan Jadwal Kelas Mingguan, ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :

a. Tentukan Kurikulum dan Sinkronisasi Mata Pelajaran dengan Kurikulum Nasional


Ikuti langkah-langka berikut untuk men-set kurikulum yang Anda terapkan pada sekolah Anda dan lakukan Sinkronisasi Mata Pelajaran dengan Kurikulum Nasional :

1. Pada menu Sekolah, pilih Kurikulum.


 2. Selanjutnya, pada Dasbor Kurikulum,  pilih menu Daftar Mata Pelajaran.


3. Selanjutnya pilih kurikulum, klik tombol Pilih Kurikulum, dan tentukan kurikulum yang akan diterapkan. (KTSP/ Kurikulum 2013).




4. Akan ditampilkan daftar mata pelajaran pada kurikulum yang Anda pilih.

5. Lakukan sinkronisasi mata pelajaran dari kurikulum nasional kedalam kurikulum yang Anda pilih, klik tombol Sinkronisasi Data.


6. Pilih Tingkat Mata Pelajaran yang akan di sinkronisasi. Singkronisasi Mata Pelajaran digunakan untuk menyalin Mata Pelajaran yang sudah tercatat pada sistem. Daftar Mata pelajaran yang disalin sesuai dengan pilihan tingkat yang dipilih. Klik Lanjut jika sudah sesuai.




7. Konfirmasi Mata Pelajaran, jika telah sesuai klik Simpan >> Ok. 




8. Berikut hasil dari sinkronisasi mata pelajaran dengan kurikulum nasional. Untuk menambah atau membuat mata pelajaran baru, klik tombol [+] seperti pada gambar.



9. Isi data Mapel yang diinginkan, klik Simpan jika telah sesuai.


Untuk langkah Selanjutnya, silahkan rekan-rekan bisa mengduhnya langsung dalam format PDF yang sudah saya sediakan. Langkah dari poin 1 sampai 5. Semoga berkenan.

Jaya terus Madrasah.. :-)

Related

NUPTK 1500229021798779344

Post a Comment

emo-but-icon

item